Saturday, November 9, 2013

Yang harus diperhatikan dalam memasang o ring

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan o-ring agar tidak terjadi kebocoran sebelum waktunya adalah sebagai berikut:
  • Pasang o-ring pada tempatnya dengan posisi o-ring berada pada diameter luar, seperti pada gambar. 
  • Internal pressure akan menekan o-ring sampai kesudut luar secara penuh sehingga menutup celah antara sambungan tersebut. Tekanan yang tinggi akan membuat sealing efek dari o-ring juga naik
  • Jangan memasang o-ring yang tebal nya kurang dari kedalaman celah maupun memasang o-ring dengan diameternya kurang dari diameter luar celah.
  • Apabila internal pressure terlalu tinggi atau celah perapat terlalu besar, gunakan back-up ring untuk membantu menahan o-ring agar tidak terjepit didalam celah.
 
  • Pemasangan O-ring pada plug berulir agar disesuaikan dengan alur yang ada pada dudukan plug tersebut, diluar atau didalam.
Demikian petunjuk mengenai apa yang harus diperhatikan dalam memasang o-ring agar tidak terjadi kebocoran. Apabila ingin mengetahui bagaimana cara memilih o-ring yang sesuai dengan kondisi temperatur kerja maupun tekanan kerja yang diterima oleh o-ring agar umur o-ring bisa sesuai dengan standar nya, silahkan lihat disini.

Semoga bermanfaat.

    No comments:

    Post a Comment